Pelatihan Pengolahan Kulit Singkong Menjadi Keripik dan Pemasaran Produk di Toko Online bersama Ibu-ibu PKK


Selain daun dan umbi yang biasa diolah menjadi makanan, limbah kulit singkong yang biasanya dibuang kini bisa dimanfaatkan menjadi olahan cemilan yang kekinian. Kulit singkong adalah produk limbah singkong dengan menyimpan karbohidrat tinggi, gizi dan manfaat. 

Pengolahan kulit singkong menjadi keripik merupakan wujud dari pemanfaatan hasil singkong di desa Simpang Empat yang cukup melimpah. Sekaligus sebagai inovasi usaha yang bisa diterapkan oleh masyarakat setempat untuk meningkatkan penghasilan mereka. 

Pelatihan ini digelar pada hari Sabtu, 27 Januari 2022 dengan mengundang ibu sekdes dan ibu-ibu PKK desa Simpang Empat. 

Bahan-bahan pengolahan keripik dari kulit singkong ini juga cukup mudah dijangkau. Tentunya hal yang perlu disiapkan ialah kulit singkong bagian dalam yang sudah dibersihkan, tepung terigu, tepung maizena, tepung serba guna, garam, air dan varian rasa bubuk seperti bubuk balado.

Selain kulit singkong yang bisa diolah menjadi keripik, singkong juga bisa diolah menjadi cemilan seperti stick frozen yang bisa langsung dimakan setelah diolah ataupun bisa disimpan dahulu kedalam freezer untuk dinikmati kapan saja. 

Ibu-ibu yang turut hadir dalam pelatihan tersebut sangat antusias dan semangat. Pelatihan ini bukan hanya diajari cara mengolah, tetapi juga cara mengemas dan bagaimana memasarkan produk di toko online seperti Shopee.

Pelatihan pemasaran produk ini juga diajari dari cara pembuatan akun hingga bagaimana produk tersebut bisa sampai ke konsumen. 

Sehingga nantinya inovasi usaha ini bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu yang ada di desa Simpang Empat untuk dijadikan usaha dan meningkatkan penghasilan mereka.
Lebih baru Lebih lama